Agenda Tuhan bagi Umat-Nya pada Masa Pandemi (Gal. 4:4; Mat. 26:4-5)

Ibadah Minggu, 7 Maret 2021 (Sore)

Oleh Pdt. Daniel Kusnindar (GBT Bethlehem Surabaya)

Semua yang terjadi dalam kehidupan Tuhan Yesus merupakan agenda Bapa di surga. Tuhan Yesus tidak lahir tiba-tiba, tetapi sudah diatur waktunya (Gal. 4:4). Bahkan, saat akan mati di kayu salib pun, Dia berkata bahwa itu sudah tiba waktunya (Mat. 26:45). Demikian pula semua yang sedang kita alami merupakan agenda Tuhan. Jadi, kita tidak perlu khawatir. Jangan hanya melihat hari ini, karena hidup kita adalah sebuah proses.

Apa agenda Tuhan di masa pandemi sekarang ini? Bagi orang-orang di luar Tuhan, ini merupakan hukuman dari Tuhan yang menyatakan kuasa-Nya (Yes. 26:21a, 10-11). Tuhan juga akan merendahkan orang-orang yang selama ini merasa tidak memerlukan-Nya. Bahkan, orang-orang miskin akan menginjak-injak mereka (Yes. 26:5-6). Setelah melihat kekuasaan Tuhan, mungkin mereka akan menjadi pengikut-Nya (Yes. 26:9).

Bagi orang-orang di dalam Tuhan, ini merupakan bukti kasih Tuhan kepada mereka (Yes. 26:11). Karena kasih Tuhan, kita tidak akan bisa dikalahkan oleh kondisi apapun yang ada di luar kita. Kemudian, Tuhan juga akan membuat kebangkitan secara rohani bagi umat-Nya (Yes. 26:19).

Banyak umat Tuhan yang selama ini mati rohani (Yes. 26:17-18). Mereka bisa rajin ke gereja dan terlibat dalam pelayanan. Tetapi, tidak membawa jiwa-jiwa baru pada Tuhan. Di masa pandemi ini, Roh Kudus akan mengubah hidup kita. Dari perubahan inilah kita akan menjadi saksi Tuhan dan satu demi satu keluarga kita akan percaya kepada Tuhan. Selain kebangkitan rohani, kita juga akan mengalami kebangkitan jasmani (Yes. 26:15; 2:2).

Apa yang Tuhan mau kita lakukan dalam masa pandemi ini? 1) Bangun persekutuan dengan Tuhan; 2) Tetap percaya pada Tuhan; 3) Taat pada Tuhan. Yakinlah bahwa rencana Tuhan akan terjadi dalam hidup kita. Amin.

REFLEKSI

Jangan biarkan masa pandemi ini menghancurkan hidup kita. Sebaliknya, jadikanlah masa pandemi ini sebagai kesempatan untuk menjadi saksi Tuhan dalam cara-cara yang mungkin belum pernah kita lakukan sebelumnya.

PERTANYAAN UNTUK DIRENUNGKAN

  1. Bagaimana sikap Anda dalam menghadapi masa pandemi ini? Adakah kebiasaan yang perlu diubah atau ditingkatkan?
  2. Apa langkah praktis yang dapat Anda lakukan di masa pandemi ini untuk menjadi saksi Tuhan bagi keluarga dan lingkungan sekitar?

AYAT ALKITAB TERKAIT

Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. (Gal. 4:4)

Sesudah itu Ia datang kepada murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: “Tidurlah sekarang dan istirahatlah. Lihat, saatnya sudah tiba, bahwa Anak Manusia diserahkan ke tangan orang-orang berdosa. (Mat. 26:45)

TUHAN akan turun dari tempat kediaman-Nya di surga untuk menghukum penduduk bumi karena dosa mereka. (Yes. 26:21a BIMK)

10 Biarpun orang jahat diperlakukan dengan baik, ia tidak juga belajar apa yang benar. Di negara hukum pun ia berlaku curang, dan tak mau mengakui kuasa TUHAN. 11 TUHAN, Engkau siap menghukum musuh-Mu, tetapi mereka tidak mengetahuinya. Biarlah mereka malu tersipu-sipu melihat kasih-Mu bagi umat-Mu. Biarlah mereka habis musnah oleh hukuman yang Kausediakan bagi mereka. (Yes. 26:10-11 BIMK)

5 TUHAN merendahkan orang yang congkak; Ia menghancurkan kota berkubu mereka, dan meratakannya dengan tanah. 6 Orang-orang miskin dan sengsara akan menginjak-injaknya. (Yes 26:5-6 BIMK)

Jiwaku merindukan Dikau di waktu malam, hatiku mendambakan Engkau di waktu pagi. Bila Engkau menghakimi bumi nanti, penduduk dunia akan mengetahui apa yang benar. (Yes. 26:9 BIMK)

TUHAN, Engkau siap menghukum musuh-Mu, tetapi mereka tidak mengetahuinya. Biarlah mereka malu tersipu-sipu melihat kasih-Mu bagi umat-Mu. Biarlah mereka habis musnah oleh hukuman yang Kausediakan bagi mereka. (Yes. 26:11 BIMK)

Umat-Mu yang sudah mati akan hidup kembali, mayat-mayat mereka akan bangkit lagi. Orang yang sudah dikubur di dalam tanah akan bangkit dan bersorak-sorai. Seperti embun yang menyegarkan bumi, Engkau menghidupkan umat-Mu yang sudah lama mati. (Yes. 26:19 BIMK)

17 Seperti wanita yang hendak melahirkan menggeliat dan berteriak kesakitan, demikianlah kami di hadapan-Mu, TUHAN. 18 Kami mengandung dan menggeliat kesakitan, tetapi tidak melahirkan apa-apa; kami tidak memberi keselamatan kepada dunia, tidak juga menambah penduduknya. (Yes. 26:17-18 BIMK)

Engkau telah melipatgandakan kami umat-Mu, ya TUHAN, dan meluaskan wilayah kami, karena itu Engkau diagungkan. (Yes. 26:15 BIMK)

Di hari-hari mendatang bukit tempat Rumah TUHAN menjulang tinggi dan berdiri tegak di atas gunung-gunung dan bukit-bukit. Segala bangsa berduyun-duyun ke sana, (Yes. 2:2 BIMK)

About the author

Leave a Reply