Ibadah Minggu, 26 Juli 2020

Oleh Pdt. Gunaryo Sudarmanto (STT I-3 Batu)

Setiap tahun, seluruh suku Israel berbondong-bondong pergi ke Yerusalem untuk beribadah bersama. Perjalanan itu tidak mudah. Terdapat berbagai tantangan yang harus mereka hadapi, yaitu: tantangan alam, tantangan dari binatang buas, serta tantangan dari orang-orang jahat. Kekhawatiran akibat tantangan tersebut diekspresikan pada ayat 1.

Jika kita berada dalam situasi yang sulit, kita bisa mengharapkan pertolongan dari berbagai pihak, misalnya dari diri sendiri, orang lain, kuasa kegelapan, dan sebagainya. Tetapi, orang Israel jelas meyakini bahwa pertolongan mereka berasal dari Tuhan (ay. 2). Ada empat hal yang membuat orang Israel mempercayakan kesulitannya kepada Tuhan.

Pertama, Tuhan itu menjaga Israel dengan kekuatan penuh (ay. 2, 3b). Hanya Tuhan, yang menciptakan segala yang ada, memiliki kekuatan yang tak terbatas. Kekuatan lain, termasuk kuasa kegelapan, tidak ada apa-apanya dibanding kekuatan Tuhan. Maka, lari kepada Tuhan adalah tindakan yang tepat. Kedua, Tuhan menjaga Israel dengan sepenuh waktu (ay. 4, 6). Bahkan, Dia menjaga kita selama-lamanya (ay. 8). Ini berbeda dengan penjagaan manusia, yang bisa lelah, butuh istirahat, dan dalam waktu yang terbatas.

Ketiga, Tuhan menjaga Israel bukan dari tempat yang jauh (ay. 5). Tuhan Yesus telah turun ke dalam dunia untuk menebus kita. Kemudian, kita juga telah menerima Roh Kudus yang tinggal dalam hati kita. Dialah Imanuel, Allah yang ada bersama-sama dengan kita. Keempat, Tuhan menjaga Israel dengan seutuhnya, baik tubuh maupun nyawa (ay. 3a, 7). Marilah kita terus menyadarkan diri pada pertolongan Tuhan!

REFLEKSI

Ada berbagai kemungkinan sumber pertolongan dalam setiap kesulitan, namun jangan sampai itu semua malah membuat kita melupakan pertolongan yang sejati dari Tuhan.

PERTANYAAN UNTUK DIRENUNGKAN

  1. Apakah menyandarkan diri kepada Tuhan merupakan hal yang mudah atau sulit? Jelaskan jawaban Anda.
  2. Apa langkah-langkah nyata yang dapat Anda lakukan untuk menyandarkan diri dalam situasi sulit pada saat ini?

AYAT ALKITAB PENDUKUNG

1 Nyanyian ziarah. Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? 2 Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi. 3 Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. 4 Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel. 5 Tuhanlah Penjagamu, Tuhanlah naunganmu di sebelah tangan kananmu. 6 Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang, atau bulan pada waktu malam. 7 TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu. 8 TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.

 (Mzm. 121:1-8)

About the author

Leave a Reply