Ibadah Paskah, 4 April 2021 (Pagi)

Oleh Pdt. Daud Soesilo (GBT Kristus Pelepas)

Kebangkitan Kristus dari kematian merupakan salah satu inti dari pengakuan iman kristiani (1Kor. 15:14). Mari kita renungkan alinea demi alinea.

I. Latar kisah (ay. 1-4). Kedua Maria ini duduk berjaga di depan makam Yesus. Artinya, Maria memang benar-benar berbakti kepada Yesus. Kehadiran mereka kontras dengan murid-murid laki-laki Tuhan Yesus yang sudah meninggalkan-Nya. Artinya, kedua Maria itu masih memiliki pengharapan. Kemudian, adanya gempa bumi (ay. 2) menunjukkan bahwa drama eskatologis penyaliban terus berlanjut.

II. Pesan malaikat kepada kedua Maria (ay. 5-7). Dalam bahasa Yunaninya, perkataan malaikat “yang sudah disalibkan” (ay. 5) menandakan adanya dampak yang masih berlanjut setelah peristiwanya selesai. Panggilan Tuhan Yesus ini merupakan panggilan yang terus menerus (Mat. 16:24). Pesan sukacita yang didapat kedua Maria itu harus diberitakan ke Galilea (ay. 7), yang bermakna bahwa Kabar Baik harus diberitakan sampai ke wilayah-wilayah yang orang-orangnya belum mengenal Tuhan.

III. Tindakan kedua Maria (ay. 8). Mereka berlari-lari dengan perasaan takut dan gembira.

IV. Pesan Yesus kepada mereka (ay. 9-10). Mereka dapat memeluk kaki-Nya dan menyembah-Nya menandakan bahwa kebangkitan-Nya nyata. Tuhan Yesus juga menyapa mereka dengan sapaan yang sangat hangat.

Apa yang dapat kita pelajari? Iman pada kebangkitan Kristus berdasar pada tiga hal: 1) Kehadiran Kristus yang telah bangkit seperti yang telah dialami pengikut-Nya (28:1-10). 2) Melalui kesaksian mereka yang telah dijumpai oleh Tuhan Yesus (28:10); 3) Dengan kehadiran-Nya yang berkelanjutan di antara murid-murid-Nya (28:20). Keadaan sulit di masa pandemi bisa membuat seseorang menyerah. Namun, kubur tidak dapat menghalangi kasih Allah. depan akan ada rintangan, tetapi kebangkitan Kristus akan meneguhkan kita. Amin.

REFLEKSI

Anugerah besar dari Paskah adalah pengharapan (Basil Hume)

PERTANYAAN UNTUK DIRENUNGKAN

  1. Apakah bedanya antara pengharapan yang dihasilkan dari peristiwa Paskah dengan pengharapan yang dihasilkan dari motivasi dunia?
  2. Adakah orang-orang di sekitar Anda yang memerlukan berita pengharapan pada Paskah tahun ini? Kunjungilah mereka dan doakan.

AYAT ALKITAB TERKAIT

1 Ketika hari Sabat sudah lewat, pada hari Minggu pagi-pagi sekali, Maria Magdalena dan Maria yang lain itu pergi melihat kuburan itu. 2 Tiba-tiba terjadi gempa bumi yang hebat. Seorang malaikat Tuhan turun dari surga lalu menggulingkan batu penutup itu, dan duduk di atasnya. 3 Wajah malaikat itu seperti kilat, dan pakaiannya putih sekali. 4 Tentara pengawal yang menjaga di situ begitu ketakutan sampai mereka gemetar, dan menjadi seperti orang mati. 5 Malaikat itu berkata kepada wanita-wanita itu, “Janganlah takut! Aku tahu kalian mencari Yesus yang sudah disalibkan itu. 6 Ia tidak ada di sini. Ia sudah bangkit seperti yang sudah dikatakan-Nya dahulu. Mari lihat tempatnya Ia dibaringkan. 7 Sekarang, pergilah cepat-cepat, beritahukan kepada pengikut-pengikut-Nya, ‘Ia sudah bangkit, dan sekarang Ia pergi lebih dahulu dari kalian ke Galilea. Di sana kalian akan melihat Dia!’ Ingatlah apa yang sudah kukatakan kepadamu.” 8 Cepat-cepat wanita-wanita itu meninggalkan kuburan itu. Dengan perasaan takut bercampur gembira, mereka berlari-lari untuk memberitahukan hal itu kepada pengikut-pengikut Yesus. 9 Tiba-tiba Yesus datang menemui wanita-wanita itu, dan berkata, “Salam!” Lalu mereka datang mendekati Dia, kemudian memeluk kaki-Nya dan menyembah Dia. 10 “Janganlah takut,” kata Yesus kepada mereka, “pergi beritahukan kepada saudara-saudara-Ku supaya mereka pergi ke Galilea; di sana mereka akan melihat Aku.” (Mat. 28:1-10 BIMK)

Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu. (1Kor. 15:14)

Ajarkan mereka mentaati semua yang sudah Kuperintahkan kepadamu. Dan ingatlah Aku akan selalu menyertai kalian sampai akhir zaman. (Mat. 28:20 BIMK)

About the author

Leave a Reply