Ibadah Kenaikan Tuhan Yesus, 21 Mei 2020

Oleh Pdm. Jusak Gandawidjaja (GBT Kristus Pelepas)

Ada tiga orang yang terangkat naik ke surga, yaitu: Henokh (Kej. 5:24), Elia (2Raj. 2:11), dan Tuhan Yesus. Namun demikian, hanya Tuhan Yesus yang berasal dari surga (Yoh. 3:13). Dia turun ke dunia yang fana untuk memberikan hidup kekal pada orang-orang yang percaya kepada-Nya (Yoh. 3:16). Setelah selesai menjalankan tugas-Nya, Dia diangkat ke surga (Kis. 1:9). Apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus setelah terangkat ke surga?

  1. Mengutus Roh Kudus (Yoh. 16:7; 14:16-17a). Hidup di muka bumi penuh dengan duka cita. Banyak juga jalan yang menyesatkan. Roh Kudus sebagai Penolong dan Penghibur akan menguatkan dan menuntun semua orang yang telah percaya pada Tuhan Yesus. Roh Kudus diutus untuk menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman (Yoh. 16:8-11). Dengan turunnya Roh Kudus di dalam kehidupan kita, maka kita akan menjadi saksi-saksi Kristus ( 1:8).
  2. Menyediakan Tempat Bagi Mereka yang Diampuni (Yoh. 14:1-3). Jika telah tiba waktu-Nya, Tuhan sendiri akan menjemput orang-orang yang telah diampuni dosanya. Kiranya hal ini juga menggugah kerinduan kita untuk suatu saat berkumpul dengan Tuhan.
  3. Menjadi Pembela (Rm. 8:34). Tuhan Yesus membela kita dan Dia juga berdoa syafaat bagi kita.

Inilah yang dilakukan oleh Tuhan Yesus kepada orang-orang percaya, yang membutuhkan Roh Kudus, tempat di surga, dan doa syafaat. Kelak, suatu kali Dia akan turun lagi ke dunia. Bukan untuk mengurusi dosa manusia lagi, tetapi untuk menjemput orang-orang yang sudah percaya, hidup kudus, dan beriman teguh (1Tes. 4:16-17). Ingat, Tuhan sendiri yang akan turun menjemput kita. Dia tidak mengutus yang lain (misalnya, malaikat). Betapa luar biasanya kebenaran ini!

REFLEKSI

Betapa banyak yang telah dilakukan oleh Tuhan Yesus bagi kita. Marilah kita terus bertekun kepada-Nya hingga saat-Nya untuk datang kedua kalinya tiba.

PERTANYAAN UNTUK DIRENUNGKAN

  1. Jika Anda telah dijamin untuk tinggal di surga nantinya, bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan Anda sekarang ini?
  2. Hal-hal praktis apa sajakah yang akan Anda lakukan selama menanti kedatangan Kristus yang kedua kalinya?

AYAT ALKITAB PENDUKUNG

Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. (Yoh. 3:13)

About the author

Leave a Reply